Site icon Creative Blog And Tips

5 Cara dan Teknik Dasar Menjahit dengan Tangan untuk Pemula

cara menjahit dengan tangan

Menjahit adalah kemampuan dasar yang bisa dipelajari semua orang, termasuk cara menjahit dengan tangan. Orang yang awalnya tidak bisa menjahit pun bisa menjahit apabila mempelajari tekniknya dengan benar. 

Nah, ada beberapa teknik dasar jahitan yang harus kamu pelajari sebagai pemula. Teknik-teknik ini akan sangat berguna untuk membuat jahitan tanpa menggunakan mesin jahit. Berikut ini adalah beberapa cara dasar menjahit yang harus kamu lakukan. 

Menjahit dengan Pola Lurus

Salah satu teknik menjahit paling gampang yang bisa kamu coba adalah teknik menjahit dengan pola lurus. Pola ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari antara pola jahitan lainnya yang lebih sulit. 

Mulailah membuat sebuah jahitan mengikuti garis lurus yang sudah tergambar. Latihlah tangan kamu dengan pola jahitan ini agar lebih luwes dan terbiasa menjahit pola yang lainnya. Pastikan bahwa jahitannya benar-benar lurus dan rapi agar terlihat seperti jahitan dari mesin jahit. 

Jika kamu menjahit menggunakan tangan, sebaiknya kamu gambar dulu pola garis lurus dengan kapur jahit agar jahitan tetap rapi. Lagipula pola jahitan ini juga cukup bagus untuk melatih teknik-teknik dasar saat sedang menjahit. 

Teknik Menjahit Seam dengan Tangan

Cara menjahit dengan tangan yang selanjutnya adalah menggunakan teknik seam. Teknik ini berfungsi untuk untuk menyatukan pola bagian baju yang satu dengan yang lainnya. Makanya, teknik dasar ini perlu untuk kamu pelajari juga. 

Untuk mempraktekkan teknik ini, pertama-tama kamu harus menempelkan pola pertama dari bagian depan kain ke bagian pola kedua kain. Setelah itu, barulah kamu menjahitnya dengan tusukan tikam hingga selesai. 

Setelah itu, jangan lupa untuk memberikan simpul di bagian akhir jahitan agar benangnya tidak lepas. Jahitlah bagian belakang kain agar bisa menyembunyikan bekas jahitannya dari pakaian yang sudah jadi. 

Teknik Pressing atau Menekan

Apabila ada dua buah kain yang harus kamu satukan, maka harus ada bagian belakang kain yang kamu rapikan. Langkah ini merupakan awal untuk merapikan bagian belakang jahitan dengan menerapkan teknik pressing. 

Untuk menerapkan teknik ini, kamu bisa memanfaatkan alat semacam setrika. Bukalah bagian atas kain lalu taruh bagian belakang jahitannya di atas dan setrikalah dengan suhu yang panas. 

Cara Menjahit Kancing dengan Tangan 

Selanjutnya, ada cara menjahit dengan tangan yang bisa kamu praktekkan saat mau menjahit kancing. Kamu bisa memulai jahitan dengan menjahit bagian kain yang ingin kamu pasang kancing. Lalu, masukkan jarum melalui tanda X tadi. 

Jahit kancing dengan dari atas ke bawah melalui lubang kancing. Masukkan benang dan jahit di libang kancing selama beberapa kali, lalu sertakan benang dengan membuat simpul pada ujungnya. Hal ini bisa kamu lakukan selama beberapa kali agar jahitan tidak lepas. 

3 Teknik dan Langkah Menyulam untuk Pemula

Teknik Mengikat Ujung Benang 

Meskipun terlihat gampang, ternyata cara mengikat ujung benang tidak segampang kelihatannya. Jika kamu salah melakukan teknik yang salah saat mengikat benang, maka akan mempengaruhi hasil jahitan kamu. 

Cara mengikat benang yang benar adalah dengan memposisikan ujung benang di jari telunjuk, lalu jepit dengan ibu jari. Posisi seperti ini tidak akan membuat benang bergerak dan bisa kamu ikat kedua ujungnya hingga rekat. 

Agar mahir menyimpul ujung benang, kamu perlu melakukannya secara berulang-ulang. Jika sudah cukup mahir, barulah kamu bisa membuat simpul ujung benang yang lebih lebih erat ikatannya agar tidak lepas. 

Exit mobile version