Site icon Creative Blog And Tips

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Gourmetamigurumi.com – Manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Buah sirsak menjadi salah satu buah yang paling di gemari oleh banyak orang. Untuk kamu yang belum tahu, sirsak sendiri memiliki rasa yang asam manis. Biasanya sirsak di konsumsi dengan cara di makan langsung atau tidak jarang juga di jadikan sebagai jus.

Selain itu buah sirsak sendiri memiliki kandungan dan nutrisi yang tentunya baik untuk kesehatan. Tidak hanya daging buahnya saja, bahkan daunnya juga memiliki manfaat yang cukup bisa di andalkan. Oleh karena itu tidak jarang masyarakat memanfaatkan daun sirsak sebagai obat herbal yang di padukan dengan bahan lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak yang baik untuk kesehatan untuk kamu ketahui.

1. Obat Asam Urat

Penyakit asam urat di tandai dengan rasa sakit pada sendi dan di sebabkan oleh kandungan asam urat yang tinggi. Untuk meredakan rasa sakitnya kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak secara rutin terutama saat asam urat sedang kambuh.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Air rebusan daun sirsak memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan yakni mampu untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan yang ada pada daun sirsak memungkinkan untuk melakukan kontrol terhadap kolesterol jahat dan mencegah kolesterol.

3. Mengobati Penyakit Kanker

Di beritakan bahwa daun sirsak bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut di karenakan kandungannya yakni acetogenin yang memiliki sifat anti kanker dan terbilang cukup kuat. Tidak main-main, bahkan cara kerja dari daun sirsak sendiri hampir sama dengan pengobatan kemoterapi yang manghambat pembelahan DNA sel kanker. Kamu bisa merebus daun sirsak untuk diminum airnya setiap hari.

4. Mengatasi Insomnia

Jika kamu mengalami permasalahan kurang tidur, daun sirsak bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasinya. Bagaimana tidak, daun sirsak sendiri memiliki kandungan trytophan yang akan memberikan efek mengantuk dan memungkinkan kamu untuk bisa tidur lebih cepat.

5. Obat Sariawan

Meskipun terkesan simple, namun mengalami sariawan tentunya menjadi hal yang cukup meresahkan. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan air rebusan daun sirsak untuk mengobati sariawan. Atau kamu juga bisa menumbuknya untuk ditempelkan ke lokasi yang terkena sariawan.

6. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat daun sirsak lainnya yang baik untuk kesehatan adalah meningkatkan imun tubuh. Di mana daun sirsak sendiri memiliki berbagai kandungan seperti asam linoleat, annocatalin, annohexocin, bahkan hingga anomurine. Sehingga jika kamu memiliki imun tubuh yang kuat tentunya akan mudah terhindar dari berbagai jenis penyakit.

7. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada daun sirsak memungkinkan kamu untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Sehingga dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setidaknya bisa meminimalisir resiko anemia karena meningkatnya produksi sel darah merah dalam tubuh.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Di mana penyakit yang satu ini sama sekali tidak mengenal usia. Untuk bisa menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi, kamu bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai salah satu alternatifnya.

9. Menurunkan Risiko Hipertensi

Hipertensi atau biasa di sebut darah tinggi merupakan kondisi tubuh di mana kadar darah meningkat. Bahkan tidak jarang juga hipertensi menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu penyakit hipertensi atau darah tinggi bisa di atasi dengan daun sirsak yang memiliki kandungan antioksidan untuk melenturkan pembuluh darah.

10. Menyembuhkan Infeksi

Memiliki berbagai kandungan seperti flavonoid, saponin, alkaloid, dan juga tanin yang bersifat antibakteri. Memungkinkan daun sirsak bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi. Bahkan lebih dari itu, senyawa aktif yang ada di dalam daun sirsak juga terbukti bisa melindungi paru – paru dari infeksi terhadap virus.


Efek Samping konsumsi Daun Sirsak

Berbagai manfaat baik yang ada pada daun sirsak, rupanya tidak menjadikannya aman 100 persen. Hal ini di karenakan terdapat efek samping pada penggunaan daun sirsak yang harus di waspadai. Beberapa efek samping yang bisa saja terjadi setelah kamu mengkonsumsi daun sirsak adalah toksisitas pada hati, gangguan ginjal, kerusakan saraf, bahkan hingga gejala tumor.

Untuk itu, meskipun bermanfaat untuk tubuh, namun sebaiknya tetap membatasi konsumsi dan tidak untuk dikonsumsi dalam waktu yang panjang. Selain itu daun sirsak juga tidak di sarankan untuk orang yang sedang mengkonsumsi obata darah tinggi, diabetes, ibu hamil dan menyusui, serta orang yang memiliki riwayat penyakit hati dan ginjal.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang penting untuk kamu ketahui. Pastikan juga kamu mengkonsumsi daun sirsak dalam jumlah yang wajar. Selain itu jika muncul gejala kesehatan lain setelah mengkonsumsi minuman herbal ini, sebaiknya untuk kamu menghentikan penggunaannya.***

Exit mobile version