Site icon Creative Blog And Tips

10 Rekomendasi Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Gourmetamigurumi.com – Makanan penambah darah. Kekurangan darah atau yang sering di sebut anemia merupakan gangguan kesehatan yang tidak boleh di remehkan begitu saja. Di mana anemia sendiri menandakan bahwa kondisi kada Hemoglobin dalam tubuh berada di bawah normal. Untuk kamu ketahui bahwa kadar Hemoglobin atau HB di pengaruhi oleh zat besi yang ada dalam tubuh.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan terhindar dai anemia atau kurang darah, sebaiknya untuk mengkonsumsi makanan sehat yang berpengaruh pada peningkatan hemoglobin. Berikut ini beberapa makanan yang mudah di temukan dan bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh untuk kamu ketahui.

1. Daging Merah

Merupakan salah satu makanan penambah darah yang bisa kamu konsumsi. Daging merah seperti sapi, kambing, dan lainnya memiliki kandungan zat besi sejumlah 2,7 mg untuk 100gr. Sehingga jumlah tersebut sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian yakni sekitar 15%.

2. Daging Unggas

Memiliki kandungan zar besi 13% per 100 gram. Daging unggas mulai dari ayam, bebek, dan lainnya bisa di katakan cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian dalam tubuh kita.

3. Jeroan

Mungkin sebagian dari kamu juga sudah mengetahui bahwa jeroan bisa meningkatkan kadar hemoglobin dan menghindarkan dari penyakit anemia. Contohnya jeroan seperti hati sapi, di mana terdapat kandungan zat besi sebesar 6,5 mg per 100 gram dan hati ayam memiliki kandungan zat besi sekitar 15,6 mg per 100 gram. Kandungan tersebut tentunya cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian bahkan hingga 36%. Namun sebaiknya untuk tidak terlalu makan berlebihan karena tentunya akan mengganggu kesehatan lainnya.

4. Kacang dan Biji-bijian

Rekomendasi makanan lainnya yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin adalah Kacang dan biji – bijian. Di mana makanan ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bahkan tidak hanya kandungan zat besi, kacang dan biji – bijian juga mengandung kalsium sehingga baik untuk kesehatan.

5. Makanan laut

Kamu bisa mengkonsumsi seafood untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga memungkinkan kamu untuk terhindar dari penyakit anemia atau kekurangan darah. Seafood seperti kerang di ketahui memiliki kandungan zat besi sekitar 28 mg untuk 100 gramnya. Namun tentunya jumlah kandungannya akan berbeda – beda tergantung pada jenis kerangnya.

6. Sayuran Hijau

Menjadi makanan yang direkomendasikan untuk kamu konsumsi. Sayuran hijau mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar hemoglobin dan terhindar dari penyakit anemia. Selain itu sayuran hijau juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

7. Semangka

Tidak hanya menyegarkan, semmangka juga bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian sehingga bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh dan terhindar dari anemia. Selain itu seperti yang kita ketahui, semangka sendiri mengandung banyak air sehingga memungkinkan kamu untuk terhindar dari dehidrasi.

8. Sereal

Tidak hanya enak, sereal juga ruppanya memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga baik untuk mencegah penyakit anemia. Bahkan tidak hanya zat besi, di mana sereal juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti protein dan karbohidrat. Namun sebaiknya untuk mengkonsumsi sereal yang sehat tanpa tambahan gula.

9. Tahu

Makanan yang satu ini tentunya sangat mudah untuk ditemukan. Kamu bisa mengkonsumsi tahu untuk mengingkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh dan terhindar dari anemia. Tahu sendiri memiliki kandungan zat besi sekitar 2,4 mg per 129 gram di mana kandungan tersebut terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.

10. Telur Ayam

Menjadi salah satu makanan yang cukup banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Telur tidak hanya mengandung zat besi yang bisa menghindari kamu dari penyakit anemia. Nyatanya telur juga mengandung banyak vitamin a yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung zat besi dan memungkinkan kamu untuk terhindar dari penyakit anemia atau kekurangan darah. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tentunya akan berpengaruh pada kesehatan dan daya tahann tubuh.***

Exit mobile version