Contoh dan Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Gourmetamigurumi.com – Kerajinan dari batok kelapa. Batok kelapa merupakan salah satu benda yang menarik untuk dibuat sebagai kerajinan tangan. Termasuk kedalam barang bekas, batok kelapa sendiri memiliki nama lain yakni tempurung kelapa. Jangan langsung di buang, bahkan kamu bisa menjadikan batok kelapa sebagai salah satu mata pencaharian.

Nah pada artikel kali ini akan di berikan beberapa rekomendasi contoh sekaligus cara membuat kerajinan dari batok kelapa. Simak ulasannya !

Membuat kerajinan dari batok kelapa

Ada beberapa persiapan yang harus di perhatikan sebelum membuat kerajinan dari batok kelapa. Terutama dalam hal kualitas, pastikan kamu memiliki batok kelapa terbaik yang sudah tua dan memiliki tekstur keras.

Selain itu untuk membuat kerajinan dari batok kelapa, siapkan beberapa alat seperti di antaranya adalah :

  • Gergaji besi
  • Pisau
  • Amplas
  • Lem kayu
  • Cat pernis

Setelah beberapa alat dan bahan di siapkan, langkah berikutnya adalah proses membuat batok kelapa. Berikut ini beberapa langkah yang bisa di praktekkan :

  • Langkah pertama adalah dengan membersihkan batok kelapa terlebih dahulu. Pastikan batok kelapa sudah bersih dari serabut maupun kotoran. Kamu juga bisa memanfaatkan amplas agar batok kelapa menjadi lebih halus.
  • Selain menggunakan amplas, kamu bisa menggunakan daun pisang kering yang untuk menggosok batok kelapa. Hal ini dilakukan agar hasilnya menjadi lebih mengkilat.
  • Langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah memotong batok kelapa sesuai dengan pola atau konsep yang sudah ditentukan. Potong menggunakan gergaji besi.
  • Terakhir bentuklah batok kelapa sesuai dengan bentuk yang di inginkan.

Contoh kerajinan tangan batok kelapa

Setelah mengetahui cara membuat kerajinan tangan dari batok kelapa, sekarang saatnya untuk kamu mengetahui contoh dari kerajinan yang di hasilkan. Sebenarnya ada banyak contoh kerajinan dari batok kelapa. Namun yang paling mudah di antaranya adalah :

1. Asbak

kerajinan dari batok kelapa

Asbak merupakan salah satu benda yang bisa di hasilkan dari pemanfaatan batok kelapa. Selain cara pembuatannya yang mudah, asbak yang terbuat dari batok kelapa akan memberikan hasil yang estetik dan menarik. Dengan begitu akan lebih mudah untuk kamu mendapatkan penghasilan dari membuat asbak.

2. Celengan

kerajinan dari batok kelapa

Contoh kerajinan lainnya yang terbuat dari tempurung kelapa adalah celengan. Jika biasanya celengan terbuat dari plastik, atau tanah. Maka pada kali ini kamu bisa menggunakan batok kelapa untuk dibuat celengan.

3. Gantungan kunci

kerajinan dari batok kelapa

Jika berbicara mengenai kerajinan tangan dari tempurung kelapa, tentu gantungan kunci tidak ketinggalan. Bahkan mungkin kamu juga sudah sering melihat gantungan kunci yang terbuat dari batok kelapa. Hal ini di karenakan proses pembuatannya yang mudah dan tidak memakan waktu lama.

4. Gelas

kerajinan dari batok kelapa

Untuk memberikan hasil tradisional, maka kamu bisa memanfaatkan batok kelapa untuk membuat gelas. Bahkan nantinya kamu juga bisa menjual gelas dari batok kelapa di berbagai e-commerce.

5. Mangkuk

mangkuk

Contoh kerajinan tangan lainnya dari tempurung kelapa yang tidak kalah menarik adalah mangkuk. Hanya saja dikarenakan ukuran batok kelapa yang terbatas, maka mangkuk yang dihasilkan juga tidak terlalu besar. Meskipun begitu, membuat mangkuk dari batok kelapa akan menghasilkan benda yang penuh dengan seni.

6. Bros

bros

Kamu bisa membuat bros dengan berbagai bentuk menggunakan batok kelapa. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus menjualnya di berbagai e-commerce secara online. Dengan modal minim, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

7 Kancing baju

kancing baju

Sangat mudah untuk dibuat, mungkin seringkali kamu menemukan kancing baju dari beberapa batik yang dijual di tempat wisata. Caranya sendiri hanya dengan membentuk pola untuk kemudian memberi lubang dibagian tengahnya.

Demikian beberapa inspirasi contoh sekaligus cara membuat kerajinan dari batok kelapa. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***