Site icon Creative Blog And Tips

Cara Mudah Mengurutkan Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Gourmetamigurumi.com – Cara mengurutkan daftar pustaka. Dalam penulisan karya tulis, daftar pustaka menjadi bagian terpenting yang tidak boleh di tinggalkan begitu saja. Di mana daftar pustaka sendiri berisikan tentang sumber referensi penulis dalam membuat karya. Namun meski pun terbilang cukup penting, namun tidak sedikit orang yang masih bingung bagaimana cara membuatnya. Selain itu daftar pustaka juga sebaiknya di urutkan sesuai dengan abjad agar lebih mudah di baca dan di cari.

Sesuai dengan judulnya, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai cara mengurutkan daftar pustaka yang baik dan benar. Simak ulasan berikut !

Cara mengurutkan daftar pustaka

Mengurutkan daftar pustaka sebenarnya terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Terlebih jika kamu memanfaatkan aplikasi pengolah kata Microsoft Word. Hal ini dikarenakan Ms.Word sendiri di lengkapi fitur otomatis yang memungkinkan kamu membuat daftar pustaka dengan cepat. Namun sebelum itu, ada beberapa tips mengurutkan daftar pustaka yang baik dan benar seperti :

  1. Nama belakang ditulis lebih awal di bandingkan dengan nama depan. Selain itu cantumkan juga tahun terbit buku dalam kurung dan diakhiri dengan titik.
  2. Tuliskan judul buku dengan menggunakan format italic atau miring. Jangan lupa juga untuk mengakhiri kata dengan titik.
  3. Sebagai opsional, kamu bisa menuliskan lokasi di terbitkannya buku, nama penerbit yang di dahului dengan titik dua pada bagian depan.
  4. Sebaiknya untuk menuliskan daftar pustaka beraturan seca ra alfabet berdasarkan nama pengarang.

Setelah mengetahui beberapa tips diatas, maka kamu bisa langsung mempraktekkan tentang bagaimana mengurutkan daftar pustaka menggunakan Microsoft Word. Seperti pada penjelasan sebelumnya, aplikasi pengolah data ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar pustaka secara otomatis dengan cepat. Berikut ini beberapa langkahnya :

Cara mengurutkan daftar pustaka sesuai abjad

Selain menggunakan fitur Bibliography, kamu juga bisa menyesuaikan abjad secara manual sesuai dengan keinginan. Simak beberapa langkah dibawah ini sebagai alternatif :

Demikian penjelasan tentang cara mengurutkan daftar pustaka yang baik dan benar. Selamat mencoba !

***

Exit mobile version