Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Gourmetamigurumi.comCara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam. Cocopeat atau sering di sebut dengan sabut kelapa merupakan salah satu media tanam yang semakin populer di kalangan para petani dan pecinta tanaman. Kemudian, cocopeat adalah serbuk halus yang berasal dari serat kelapa yang telah di proses dengan baik. Media tanam ini memiliki banyak keunggulan, mulai dari kemampuan menyerap air yang tinggi, memberikan nutrisi yang baik untuk tanaman, dan ramah lingkungan. Dalam dunia pertanian modern, penggunaan jenis media tanam ini semakin di minati karena ketersediaannya yang melimpah dan harganya yang terjangkau. Selain itu, juga bisa di gunakan untuk berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman hias hingga tanaman pangan.

Gambar by www.kompas.com

Cara Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Berikut ini adalah cara menggunakan jenis media tanam tersebut, antara lain:

1. Mencuci Media Tanam

Jika tertarik menanam sayuran dengan sistem hidroponik, Anda bisa menggunakan media serbuk sabut kelapa tersebut. Hal ini di lakukan dengan mencuci media tanam terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kemudian, Anda bisa mencuci dengan air mengalir dan membersihkan dari beragam unsur kimia yang ada di dalamnya. Tujuannya agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman. Pada intinya, Anda bisa meningkatkan hasil pertumbuhan dengan baik.

2. Mencampurkan Dengan Media Lain

Perlu di ketahui bahwa penggunaan cocopeat untuk budidaya hidroponik bisa di campurkan dengan media tanam lainnya. Ini penting di lakukan untuk mencegah terjadinya pembusukan akar yang di sebabkan oleh daya serap air. 

Beberapa bahan yang bisa di campurkan, mulai dari pasir atau sekam. Pasir merupakan media yang memiliki daya ikat dengan baik. Kedua material tersebut bisa di campurkan untuk mengatasi pembusukan akar yang ada. 

Media tanam ini juga di nilai bagus untuk pertumbuhan tanaman sebab memiliki kandungan oksigen yang banyak. Terdapat sekitar 50% unsur kimia dan Hara kalium. Selain itu, terdapat kandungan fosfor yang bisa mencukupi nutrisi tumbuhan. Itu sebabnya penting mengkombinasikan dengan media tanam lainnya untuk mendapatkan hasil yang baik. 

Gambar by www.kompas.com

3. Memberikan Air Dengan Cukup

Tips ketiga yang bisa di lakukan adalah memberikan air yang dengan cukup. Hal ini bisa di lakukan dengan rutin dan tidak boleh berlebihan. Penggunaan media cocopeat untuk budidaya hidroponik bisa mendapatkan kelebihan dari kemampuannya yang menahan air dengan baik.

Media tanam ini bisa menyimpan air 10 kali lebih baik di bandingkan dengan media tanah. Ada beberapa metode yang bisa di gunakan dalam proses pemberian air. Salah satunya dengan metode yang sering di gunakan adalah memakai aeroponik. Kemudian, metode ini bisa di terapkan dengan mudah dan sangat efektif.

4. Pemupukan 

Cocopeat merupakan media tanam dengan tekstur serbuk sabut kelapa yang mirip dengan tanah. Dalam pengaplikasiannya bisa di lakukan dengan sangat mudah dan mendapatkan hasil tanaman yang baik. Selain memberikan air yang cukup dan mencampurkan dengan media lain, Anda bisa menambahkan pupuk untuk mendapatkan hasil pertumbuhan yang baik.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dalam memberikan pupuk. Salah satunya menggunakan pupuk slow release. Pupuk slow release merupakan pupuk berbentuk serbuk seperti dekastar yang memberikan kandungan nutrisi pada tumbuhan.

Gambar by wolipop.detik.com

 

Demikian penjelasan menarik tentang pengertian dan cara menggunakan cocopeat sebagai media tanam yang di sampaikan dalam artikel di atas. Semoga setelah membaca pembahasan artikel ini, Anda dapat memahami dengan baik, menjadikan tambahan referensi, menambah pengetahuan, wawasan dan bisa menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.