Cara Memperlancar Air Susu Induk Sapi

Cara Memperlancar Air Susu Induk Sapi Agar Banyak

Gourmetamigurumi.comCara Memperlancar Air Susu Induk Sapi. Dalam membuka usaha peternakan sapi tentunya harus memperhatikan beberapa faktor penting untuk menghasilkan susu yang berkualitas. Mulai dari kualitas pakan, air minum yang cukup, kebersihan kandang, perlakuan yang tepat, dan menjaga kesehatan hewan ternak. Kemudian, para peternak harus berusaha dalam memenuhi faktor-faktor tersebut dengan baik untuk meningkatkan produksi susu yang tinggi dan berkualitas secara berkelanjutan. Lalu, bagaimana cara membuat induk sapi menghasilkan susu dengan lancar? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Gambar by www.greeners.co

Cara Memperlancar Air Susu Induk Sapi

Berikut ini adalah cara yang bisa di lakukan dalam membuat induk sapi menghasilkan susu dengan lancar, antara lain:

1. Pastikan Kebutuhan Pakan Tercukupi

Hal utama yang harus di perhatikan dalam menghasilkan susu yang banyak adalah kondisi sapi harus sehat. Untuk membuat kondisi sapi menjadi sehat harus mengusahakan mencukupi kebutuhan pakan sapi. Kemudian, Anda bisa memberikan jumlah pakan yang sesuai dengan kebutuhan sapi setiap hari.

Kualitas pakan sapi bisa mempengaruhi keseimbangan nutrisi sapi. Selain itu, juga bisa memberikan pakan hijau dan konsentrat yang seimbang. Pada intinya, Anda harus memberikan jenis rumput yang mengandung protein tinggi. Untuk melengkapi gizi sapi bisa memberikan konsentrat dengan kandungan serat yang cukup.

Gambar by www.greeners.co

2. Memberikan Air Minum Yang Cukup

Air adalah nutrisi penting yang tidak dapat di tinggalkan. Sapi membutuhkan persediaan air bersih untuk pencernaan dan metabolisme yang normal. Kebutuhan sapi perah dalam meningkatkan produksi susu sapi adalah mengkonsumsi air hingga 100 liter sehari. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan air minum sapi yang cukup.

Pastikan menyediakan air minum yang cukup dan tidak berlebihan. Apabila kebanyakan minum air akan membuat sapi menjadi kembung. Selain itu, Anda harus memisahkan antara bak air minum dari bak makan. Hal ini bertujuan agar air tidak tercampur dengan pakan dan tetap bersih.

Gambar by gdm.id

3. Menjaga Sapi Tidak Stress

Sapi yang stress tidak akan bisa memproduksi susu yang melimpah. Untuk mencegah stress, Anda harus membersihkan kandang dengan rutin setiap hari. Kandang yang kotor dapat membuat sapi merasa tidak nyaman. Selanjutnya, kebersihan kandang bisa membuat suasana hati sapi menjadi senang dan produksi susunya akan melimpah.

Salah satu faktor yang membuat sapi nyaman adalah kandang terletak di daerah yang aman dan jauh dari lokasi padat penduduk. Kandang yang berada jauh dari lokasi penduduk akan menghindarkan sapi dari stress yang di sebabkan oleh suara-suara yang bisa mengganggu kenyamanannya.

4. Memberikan Perlakuan Khusus

Agar produksi susu sapi meningkat, Anda bisa melakukan pemijatan selama 2 sampai 5 menit dengan basuhan air hangat sebelum pemerahan. Proses pemijatan dengan relaksasi dapat memicu peningkatan hasil susu sebanyak 25 persen. Apabila sapi di berikan pemijatan yang lembut dan menenangkan, maka bisa memberikan kenyamanan pada kondisi tubuhnya. Pemijatan tidak perlu di lakukan setiap hari. Karena pemijatan yang terlalu sering dapat membuat kondisi tubuh sapi menjadi tidak bagus. Pemijatan hanya di lakukan saat proses memerah dalam menghasilkan susu sapi.

Demikian penjelasan menarik tentang cara memperlancar air susu induk sapi agar banyak yang di sampaikan dalam artikel di atas. Semoga setelah membaca pembahasan artikel ini, Anda dapat memahami dengan baik, menjadikan tambahan referensi, menambah pengetahuan, wawasan dan bisa menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.