Site icon Creative Blog And Tips

5 Manfaat Daun Sirih dan Efeknya Bagi Tubuh

Manfat daun sirih

Apa saja manfaat daun sirih yang kamu ketahui? Lalu, apa saja efek samping yang bisa kamu alami saat mengkonsumsi ramuan daun sirih? Untuk menjawab berbagai macam pertanyaan tersebut, lebih baik kamu simak ulasan di bawah ini saja. 

Sebab, ulasan kali ini akan membahas secara tuntas mengenai manfaat dan efek samping daun sirih. Jika selama ini kamu mengabaikan daun sirih untuk kesehatan, maka setelah ini kamu justru akan mengetahui manfaatnya. Makanya, simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Manfaat Daun Sirih untuk Membersihkan Saluran Pencernaan

Apa kamu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi? Sekarang waktunya untuk membersihkan saluran pencernaan kamu yang kotor dengan ramuan daun sirih. 

Kandungan zat yang terkandung dalam daun sirih bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Setelah itu, usus akan menyerap kandungan zat tersebut untuk merangsang kinerja sistem pencernaan. Jika kamu sering mengalami sembelit, maka ramuan daun sirih akan membantu memperlancar saluran pencernaan kamu. 

Manfaat Daun Sirih untuk Menyembuhkan Batuk

Salah satu manfaat daun sirih yang sangat berguna saat musim penghujan tiba adalah bisa membantu penyembuhan sakit batuk. Di musim penghujan seperti sekarang tentunya banyak orang yang terjangkit virus flu dengan gejala batuk. Makanya, daun sirih akan sangat membantu kamu untuk menyembuhkan batuk. 

Mengapa bisa begitu? Karena daun sirih mengandung vitamin C, vitamin B, dan alkaloid yang bisa membantu meredakan gejala tenggorokan gatal. Setiap kali kamu batuk berdahak, segera rebus beberapa helai daun sirih dan minum air rebusannya sampai habis. 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Menurut data penelitian terdahulu, daun sirih bisa mempercepat proses penyembuhan luka di area luar tubuh. Misalnya saja seperti luka sayatan, luka gesekan, atau luka akibat tergores benda tajam. Intinya, luka yang terjadi di bagian luar tubuh bisa cepat sembuh setelah menggunakan daun sirih. 

Ekstrak daun sirih terbukti mampu mengurangi stress oksidatif yang membuat luka lambat untuk sembuh. Dengan menggunakan ekstrak daun sirih, luka luar yang kamu alami justru bisa cepat sembuh karena kadar stress oksidatif telah berkurang. 

Bukan cuma itu saja, kandungan zat polifenol yang terdapat dalam daun sirih juga bisa membantu proses penyembuhan luka bakar. Mulai sekarang, kamu bisa mengobati luka bagian luar tubuh menggunakan ekstrak daun sirih. 

Gampang Membuat Kecanduan

Jika tadi sudah membahas sedikit tentang manfaat daun sirih, maka sekarang waktunya membahas tentang efek sampingnya. Seperti yang kamu tahu, daun sirih memang memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Tapi, seringkali orang mengatakan tentang efek sampingnya juga. 

Maka dari itu, sebelum menggunakan jenis daun ini untuk kesehatan, lebih baik kamu cari tahu juga dampak buruknya. Secara umum, daun sirih bisa menyebabkan penggunanya merasa candu. Apalagi jika kamu memakainya bersama dengan tembakau. Efek candunya akan menjadi berlipat-lipat lebih dahsyat. 

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

Bagi pengguna rokok aktif, sebaiknya hindari penggunaan daun sirih sewaktu merokok. Sebab, jika kamu menggunakan kedua jenis bahan ini secara bersamaan, maka akan menimbulkan efek adiktif ganda. Makanya, hindari penggunaan kedua jenis zat ini untuk menghindari resiko terburuk. 

Menyebabkan Sariawan

Penggunaan daun sirih secara rutin ternyata memiliki dampak buruk yang jarang diketahui orang. Salah satu efek buruknya adalah bisa memicu munculnya sariawan. Dalam beberapa kasus, daun sirih yang kamu kunyah bersama pinang akan menyebabkan DNA rusak. 

Karena itulah, penggunaan daun sirih sebagai alternatif pengobatan tidak boleh kamu lakukan secara rutin. Sebaiknya, penggunaan daun sirih ini kamu lakukan dalam jangka waktu tertentu saja agar tidak menimbulkan efek samping. 

Exit mobile version