Cara Membersihkan Sarang Burung Wallet yang Benar

Cara Membersihkan Sarang Burung Wallet yang Benar

Gourmetamigurumi.comCara membersihkan sarang burung wallet bisa di lakukan ketika telah memasuki masa panen. Umumnya, pembersihan itu memang harus segera di lakukan. Walau sebetulnya sarang ini dapat di jual secara langsung. Tapi, tetap saja pencucian sarang harus dapat di lakukan demi bisa membersihkannya dari kontaminsi kotoran anak burung maupun lainnya. Selain daripada itu, teknik atau metode yang di lakukan untuk pencucian sarang burung walet tak dapat di jalankan sembarangan. Itu semua agar kualitas serta bentuknya tetap terjaga.

Cara Membersihkan Sarang Burung Wallet yang Baik

Pencucian ataupun pembersihan sarang burung walet pada umumnya dapat di lakukan dengan 2 metode. Yakni : cuci sarang burung walet dengan skala kecil dan skala besar. Nah, untuk yang pertama adalah proses dari pencucian sarang walet skala kecil. Di mana prosesnya dengan cara manual atau sendiri memakai beberapa alt yang di butuhkan. Seperti :

  • Pinset
  • Bak Air
  • Sikat Gigi atau Kuas Pembersih
  • Gunting atau Cutter
  • Saringan
  • Kipas Angin
  • Handuk kecil
  • Keranjang Sampah
  • Lampu Gantung dan
  • Meja

Proses Skala Kecil

Setelah semua alat dan bahan di kumpulkan, kini kamu masuk pada tahap pengerjaan. Di mana prosesnya harus di lakukan dengan berhati-hati ya. Cara yang di lakukan adalah dengan memasukkan sarang ini ke dalam baskom. Nantinya, kamu hanya perlu menuangkan air bersih untuk dapat merendam sarangnya. Kemudian gunakan sikat gigi atau kuas pembersih, guna membersihkan kotoran maupun bulu yang menempel pada sarang walet dengan perlahan-lahan.

Kamu dapat memotong bagian kaki dari sarang apabila terlihat begitu besar. Atau bisa juga dengan memotong bagian dinding sarang, yang di rasa terlalu tebal dan harus di keluarkan lebih dahulu. Apabila proses pembersihan atau penyikatan telah di lakukan, kini kamu bisa angkat sarangnya dan letakkan pada baskom lain. Yang mana sudah berisikan air bersih, kemudian langsung sikat saja secara perlahan. Tidak lupa untuk memastikan bahwa tak ada lagi kotoran maupun bulu-bulu yang mana masih menempel pada sarang utamanya.

Jika sudah benar-benar bersih, maka bisa di angkat kembali dan rendam balik menggunakan air bersih sampai kotoran yang menempel larut ke dalam air. Ketika telah bersih sempurna, langsung kamu keringkan memakai handuk kain dengan tekstur lembut. Fungsinya tentu saja agar bis menyerap air pada sarang dan terasa begitu kering. Hal ini sudah semestinya di lakukan demi dapat menjaga kualitas dari sarang dan diamkan saja beberapa waktu. Supaya nantinya air bisa meresap sempurna untuk kemudahan proses pencabutan bulu juga sisa kotoran.

Kamu dapat memakai pinset untuk mencabut bulu-bulu yang mana masih menempel pada sarang burung walet. Lalu, bilas lagi dengan air bersih yang berad di baskom untuk membuang sisa kotoran serta sisa-sisa bulunya. Apabila sudah angkat sarang, maka letakkan cetakan lalu jepit dan gantung untuk di keringkan. Proses pengeringan bisa di lakukan dalam kurun waktu 24 jam dalam ruangan pendingin ! Atau bisa juga memakai mesin pengeringan. Kini , kamu dapat masukkan ke dalam tempat penyimpanan bersih dan kering yang telah di siapkan. Itu di lakukan pada saat semua sarang benar-benar kering dan bersih ya.

Proses Pencucian dengan Skala Besar

Beberapa peralatan yang di butuhkan untuk proses skala besar ialah drum dengan T=70 cm dan diameternya 50 cm. Lalu, kipas peutar air yang mana di letakkan pada bagian bawah drun, saringan, juga kran pelepas air cucian. Tidak lupa ada mesin untuk menggerakkan air yang terdapat di dalam drum. Bagaimana dengan prosesnya ? Ini bisa kamu lakukan dengan simple. Sebab, penggunaanya ada pemakaian mesin. Jadi, kamu hanya perlu pisahkan antara sarang walet yang banyak kotoran dengan sedikit kotoran.

Lalu, kamu bisa mengisi drum memakai air bersih sampai penuh dan masukkan saja sarang ke dalam sana. Kemudian hidupkan mesin pemutar air, guna proses pencucian. Saat sarang walet telah bersih, kamu bisa lepaskan kran air agar air cuciannya keluar dari drum. Setelahnya, kamu ambil dan keringkan sarang kurang lebih 1 hari di tempat teduh dan tak terkena sinar matahari. Apabila semua proses pencucian telah di lakukan, maka sarang walet sudah siap di pasarkan !