Cara Membuat Tote Bag

Cara Membuat Tote Bag Sendiri Di Rumah

Gourmetamigurumi.com Cara Membuat Tote Bag. Tote Bag merupakan tas multifungsi yang menjadi trend di kalangan masyarakat saat ini. Kemudian, jenis tas ini di kenal dengan desainnya yang simple, namun praktis. Bukan hanya di gunakan sebagai tas belanja, tetapi juga untuk bepergian, membawa buku, dan aksesoris gaya yang keren. Hal ini tentunya bisa membuat masyarakat sadar bahwa penggunaan tas reusable sangat penting untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Lalu, bagaimana cara membuat jenis tas tersebut sendiri di rumah? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Gambar by www.fimela.com

Cara Membuat Tote Bag

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan jenis tas tersebut, antara lain:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Dalam membuat tote bag di rumah, Anda membutuhkan bahan-bahan sederhana yang mudah di dapatkan. Beberapa bahan yang harus di siapkan, mulai dari kain katun, benang, jarum, pensil, penggaris, dan gunting.

Gambar by www.fimela.com

2. Memilih Kain Yang Sesuai

Langkah kedua adalah memilih kain yang sesuai. Kemudian, Anda bisa memilih bahan katun atau kanvas karena tahan lama dan mudah di jahit. Selain itu, Anda juga bisa menentukan warna dan pola yang di sukai. Hal ini di lakukan untuk membuat totebag yang di buat menjadi unik dan mencerminkan karakter Anda.

3. Menentukan Ukuran

Setelah memilih kain, langkah berikutnya adalah menentukan ukuran totebag. Salah satu pertimbangan yang harus di pikirkan adalah penggunaan tote bag. Mulai dari ukuran yang cukup besar untuk membawa barang-barang sehari-hari dan totebag berukuran kecil untuk menjadi aksesori yang stylish. Kemudian, Anda bisa menggunakan pensil dan penggaris untuk mengukur dan membuat pola di atas kain katun yang telah di siapkan. Jika ingin menambahkan gambar atau desain lain, Anda bisa menempelkan kertas gambar pada kain dan menggunakan pensil untuk menggambar desain tersebut.

4. Memotong Pola

Setelah pola tergambar dengan jelas di atas kain dan menentukan ukuran, Anda bisa memotong kain sesuai dengan bentuk pola yang di inginkan. Pastikan memberikan sedikit ruang sekitar 1 cm pada setiap sisi untuk keperluan jahitan. Kemudian, Anda harus mempersiapkan benang dan jarum yang sesuai untuk menjahit pola. Dengan menggunakan alat dan bahan yang tepat menjadi kunci untuk menghasilkan totebag yang kuat dan tahan lama.

5. Tahap Menjahit Pola

Kemudian, Anda bisa memulai proses menjahit pola yang sudah di potong. Pastikan memiliki pola atau gambar totebag yang jelas. Hal ini di lakukan untuk menghasilkan jahitan yang sempurna. Kemudian, Anda bisa menggunakan mesin jahit atau menjahit tangan, tergantung pada preferensi dan keterampilan. Pastikan benang yang di gunakan kuat agar jahitan tidak mudah putus. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jahitan lurus atau jahitan zigzag tergantung. Jahitlah tepi bagian bawah dan kedua sisi bagian atas totebag, serta pegangannya.

Gambar by www.fimela.com

6. Menambahkan Hiasan

Setelah tahap menjahit selesai, Anda bisa memperindah totebag dengan menambahkan hiasan. Mulai dari kancing, pita, dan bros. Kemudian, menempelkan hiasan tersebut menggunakan jarum dan benang atau lem khusus. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hiasan atau bordir pada kain. Ini akan menghasilkan totebag biasa menjadi karya seni yang unik.

Demikian penjelasan menarik tentang cara membuat tote bag sendiri di rumah yang di sampaikan dalam artikel di atas. Semoga setelah membaca pembahasan artikel ini, Anda dapat memahami dengan baik, menjadikan tambahan referensi, menambah pengetahuan, wawasan dan bisa menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.