contoh kerajinan dari kain perca

Apa contoh kerajinan dari kain perca yang bisa kamu buat untuk mengurangi pencemaran lingkungan? Ada banyak jenis kerajinan yang bisa kamu buat dari bahan perca yang sudah menjadi limbah. Namun, bagaimana cara membuatnya, dan produk apa saja yang bisa dibuat dari kain perca? Berikut ini adalah contohnya: 

Contoh Kerajinan Keset dari Kain Perca 

contoh kerajinan keset dari kain perca

Banyaknya limbah sampah dari bahan yang tidak bisa didaur ulang ternyata dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Jika tidak mendapatkan penanganan yang baik, maka limbah tersebut akan menumpuk menjadi sampah dan mencemari lingkungan. 

Oleh sebab itu, limbah seperti kain perca harus didaur ulang agar tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Kamu bisa mendaur ulang limbah kain perca menjadi sebuah kerajinan tangan bernilai jual tinggi. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan: 

  • Persiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat kerajinan dari kain perca. Peralatan yang kamu butuhkan antara lain adalah gunting, mesin jahit, kapur jahit, benang, kawat kasa, dan jarum. 
  • Kemudian, gunting kain perca dengan bentuk memanjang dan ikat kain perca pada jaring rajut. 
  • Ikat seluruh kain menggunakan jaring hingga kain perca tertutup secara sempurna. 
  • Dengan begitu, kamu sudah bisa memproduksi kain perca dan menjualnya ke pasaran . 

Kerajinan Tas Kain dari Perca

kerajinan tas perca

Tahukah kamu, ternyata kain perca juga bisa berguna untuk membuat kerajinan tas. Jenis kain perca yang biasanya dipakai untuk membuat tas adalah perca dari kain batik. Namun, tidak menutup kemungkinan pula untuk menggunakan jenis kain lainnya selain kain batik. 

Sebelum kamu mulai berkreasi membuat contoh kerajinan dari kain perca berupa tas, sebaiknya kamu persiapkan dulu perlengkapan untuk membuatnya. Mulai dari resleting, kain perca, mesin jahit, hingga kain polos sebagai furing di bagian dalam tasnya. Lalu lanjutkan proses pembuatannya dengan cara seperti berikut: 

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memotong kain perca dengan ukuran masing-masing 50 cm x 50 cm. Potonglah kain berukuran segitu berjumlah dua buah. 
  • Setelah selesai memotong, jahitlah kain perca tersebut dengan menjadi bagian bawah tas. 
  • Kemudian timpa bagian dalam tas dengan kain polos sebagai furing. 
  • Pasanglah resleting pada bagian atas tas dengan cara menjahit kain panjang berukuran 100 cm x 5 cm di kedua sisi tas. 
  • Jika kamu merasa tampilan tasnya terlalu polos, kamu bisa mengkreasikan dengan ornamen atau hiasan lainnya. 

Prakarya Bantal Kain

kerajinan bantal perca

Contoh kerajinan dari kain perca yang lainnya adalah bantal. Dengan selembar kain perca berukuran 200 cm x 200 cm, kamu sudah bisa menghasilkan produk semacam sarung bantal untuk sofa. Selain murah dan ramah lingkungan, kamu juga bisa menggunakan bantal dari kain perca ini untuk dekorasi ruang tamu. 

4 Ide Produk Kerajinan dari Sisik Ikan untuk Jualan

Jika kamu tertarik untuk membuat produk daur ulang seperti ini, maka kamu bisa menyiapkan dul bahan dan alatnya. Beberapa bahan seperti kain perca bisa kamu minta dari tukang jahit dekat rumah. Lalu untuk peralatannya bisa kamu beli toko alat tulis terdekat dan terlengkap di sekitar tempat tinggal. 

  • Pertama-tama, guntinglah kain perca sesuai dengan bentuk bantal yang kamu mau. Supaya lebih gampang, kamu bisa membuat bantal dengan bentuk persegi. 
  • Lalu, jahit kain perca dengan alasnya, namun jangan jahir bagian atasnya. 
  • Jika sudah terjahit secara sempurna, maka kamu bisa memasukkan potongan kain perca, dakron, atau kapas agar bantal menjadi empuk. 
  • Apabila bantal sudah terasa empuk, kamu bisa menjahit bagian atasnya dengan menjahit resleting agar bisa dibuka.