Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Akar Gada Pada Tumbuhan

Cara Mengatasi Masalah Akar Gada Pada Tumbuhan

Gourmetamigurumi.comCara mengatasi akar gada bisa di lakukan sesaat setelah mengetahui apa penyebab utamanya. Ketika kamu memulai budidaya tanaman, kesehatan mereka sudah menjadi salah satu hal yang perlu di perhatikan. Karena, akan ada penyakit yang siap menyerang tanaman denga menimbulkan banyak masalah, termasuk gagal panen. Nah, salah satunya yang sering menyerang adalah akar gada atau cubroot. Penyakit tersebut, sudah sangat umum di Indonesia yang mampu menyebabkan kerugian signifikan pada hasil panen.

Pengertian dan Cara Mengatasi Akar Gada pada Tanaman

Secara singkat, akar gada ini termasuk ke dalam salah satu jenis masalah pada tumbuhan atau tanaman. Seperti : kubis, brokoli, alyssum dan nasturtium, serta banyak gulma di dalam keluarga tumbuhan sawi. Selama tahapan awal atas penyakit akar gada ini, gejala di bagian atas permukaan tanah mungkin terlihat tak ada. Akan tetapi, itu semua terjadi pada bagian : daun yang kerdil, menguning, hingga layu bisa terjadi sesaat setelah terserang akar gada. Jika penyakitnya makin parah, maka akan terjadi pembengkakan dan distorsi pada akar. Hingga, adanya hipokotil termasuk ke dalam utama penyakitnya. Akar gada sudah banyak sekali di temukan pada tanah di Brassica spp, yakni tanaman telah tumbuh sebelumnya.

Identifikasi Penyakit

Akar gada menjadi penyakit yang seringkali di salah artikan sebagai kerusakan akibat nematoda. Gejala di atas tanah dari kedua kelainan ini, serupa dengan daun layu atau kerdil. Menggali tanaman dan mengamati akarnya, sudah menjadi satu-satunya cara di dalam membedakan kedua kelainannya. Akar yang terkena akar gada, memiliki bentuk sebagai pemukul dan mungkin akan terlihat seperti gelondongan. Infeksi ganda pada akar yang sama, menimbulkan pembengkakan & distorsi yang parah.

Nematoda sendiri, menyebabkan terbentuknya empedu atau pembengkakan yang khas pada akar. Akan tetapi, bentuknya sesuai dari pemukul atau gelendong. Dalam beberapa kasus, struktur kecil memiliki warna putih atau coklat dengan tubuh dari spesies nematoda bisa terlihat.

Cara Mengatasi Akar Gada pada Tanaman

Kamu bisa membantu dalam mengendalikan penyakit akar gada dengan melakukan pembibitan super ketat. Tidak lupa menjaga kebersihan ladang yang di gabungkan, dengan membuat ladang kamu kurang menarik bagi Plasmodiophora Brassicae. Kamu dapat mencegah agar tanah hingga bahan tanaman tak membawa spora dorman memasuki ladang utama. Bersihkan saja tanah dari alat, sebelum benar-benar meninggalkan ladang. 

Jangan juga menanam bibit yang telah terinfeksi, bagusnya membeli bibit dari pemasok yang mana memiliki reputasi baik atau tak mempunyai penyakit akar gada. Apabila kamu menumbuhkan bibit sendiri, maka pastikan untuk memakai tanah steril atau ladang-ladang. Di mana penyakit akar gada, belum pernah di temukan. Pastikan, air irigasi yang kamu gunakan pada tempat pembibitan benar-benar bersih atau tak terkena kontaminasi apapun. Terutama tidak terkontaminasi oleh spora penyakit akar gada. Intinya, jangan pernah membuat bekas air ke sungai dan jangan pernah di gunakan di luar tempat pembibitan.

Cara untuk menghindari penyakit ini adalah dengan melakukan olah tanah yang baik. Yakni dengan melakukan pemupukan yang berimbang, sehingga akan menekan pertumbuhan patogen tersebut.Caranya cukup mudah, dengan menggunakan pemakaian pupuk organik di tambah 50% pupuk kimia yang biasa di pakai. Penggunaan agensi hayati, telah di fermentasikan memakai pupuk kandang dari olah tanah sebelum tanam, bisa membantu dari serangan penyakitnya. Itulah sekiranya gejala dan cara dalam mengatasi penyakit akar gada pada tanaman.