Cara Menghilangkan Noda Luntur

Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain Secara Permanen

Gourmetamigurumi.comCara Menghilangkan Noda Luntur. Salah satu masalah yang membuat kebanyakan orang merasa jengkel adalah noda luntur yang sulit di hilangkan. Apalagi noda tersebut menempel pada seragam sekolah, baju kerja, dan lain sebagainya. Dalam mengatasi masalah tersebut harus mengetahui jenis kain yang terkena noda terlebih dahulu. Mulai dari satin, sutra, katun, sifon/chiffon, nylon dan polyester. Hal ini karena penanganan dari setiap jenis kain berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda tersebut dengan permanen? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Gambar by www.blibli.com

Cara Menghilangkan Noda Luntur

Berikut ini adalah cara yang bisa di lakukan dalam menghilangkan noda tersebut dengan permanen, antara lain:

1. Liquid Deterjen

Tidak seperti deterjen bubuk, jenis ini berbentuk cair yang bisa menyatu dengan air. Selain itu, daya serap terhadap kain lebih cepat. Apabila noda luntur ada di beberapa bagian saja, Anda bisa mengusapkan deterjen cair tersebut ke area tertentu. Kemudian, mendiamkan selama kurang lebih sekitar 30 menit. Setelah itu, mengucek dengan perlahan sampai noda hilang.

2. Baking Soda

Selanjutnya, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan deterjen secukupnya dan menambahkan sedikit air sampai membentuk seperti pasta. Kemudian, mengusapkan pasta baking soda dan deterjen pada area kain yang terkena noda luntur. Setelah itu, mendiamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Lalu, mengucek sampai noda hilang, dan membilas dengan air dingin.

3. Cuka

Cuka merupakan bahan tambahan yang di gunakan dalam masakan. Kemudian, bahan tersebut di kenal ampuh dalam menghilangkan noda luntur. Hal ini bisa di lakukan dengan mencampurkan beberapa tetes cuka dengan deterjen dan mengusapkan pada kain yang terkena noda luntur selama beberapa menit. Apabila noda cukup membandel, Anda bisa merendam pakaian dengan campuran air dingin, deterjen, dan cuka selama 24 jam. Lalu, mengucek dan membilasnya dengan air bersih.

4. Garam dan Jeruk Nipis

Garam dan Jeruk Nipis adalah perpaduan pembersih alami yang mirip seperti baking soda. Namun, kedua bahan tersebut kurang cocok untuk jenis kain yang halus seperti satin dan sutra. Ini karena bisa berpotensi dalam merusak permukaan kain. Cara menggunakannya dengan mencampurkan larutan garam dan jeruk nipis pada kain. Setelah itu, membersihkan noda luntur dengan sikat secara perlahan. Rendam dengan air dingin selama kurang lebih 30 sampai 60 menit dan membilas hingga bersih.

Gambar by www.blibli.com

5. Air Panas dan Deterjen

Kedua bahan tersebut kurang cocok di gunakan untuk jenis kain sutra dan satin. Hal ini karena bisa merusak serat-serat kain. Apabila kain terkena noda luntur, Anda bisa merendam dengan air panas dan deterjen hingga air berubah menjadi hangat atau dingin. Kemudian, Anda bisa menggunakan sikat untuk membersihkan noda luntur, atau masukkan ke mesin cuci dan tunggu sampai bersih.

6. Deterjen Pewarna atau Pemutih

Deterjen jenis tersebut bisa di gunakan khusus untuk mengembalikan warna yang kusam atau noda luntur pada kain. Apabila kain tersebut berwarna, Anda bisa mencuci dengan deterjen pewarna seperti biasanya. Sedangkan kain putih, Anda bisa menggunakan deterjen pemutih untuk membuat kain terlihat bersih.

Gambar by www.blibli.com

Demikian penjelasan menarik tentang cara menghilangkan noda luntur di kain secara permanen yang di sampaikan dalam artikel di atas. Semoga setelah membaca pembahasan artikel ini, Anda dapat memahami dengan baik, menjadikan tambahan referensi, menambah pengetahuan, wawasan dan bisa menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.