Site icon Creative Blog And Tips

5 Contoh Daur Ulang Sampah & Fungsinya

contoh daur ulang sampah

Apa saja contoh daur ulang sampah yang bisa kamu gunakan kembali dengan fungsi yang berbeda? Dari banyaknya jenis limbah yang ada di sekitar, pasti ada beberapa contoh sampah yang bisa didaur ulang kembali. 

Sampah-sampah yang sudah didaur ulang pasti punya fungsi yang berbeda dari fungsi awalnya. Karena itu, ketika kamu mendaur ulang sampah, pertimbangkan pula produk dan fungsi daur ulangnya. Daripada bingung, kamu bisa pakai contoh sampah berikut ini untuk didaur ulang. 

Kain Blacu

Salah satu contoh sampah yang bisa kamu manfaatkan dan daur ulang menjadi sebuah produk adalah kain blacu. Kain blacu bekas tepung terigu ternyata bisa kamu sulap menjadi sebuah barang bernilai tinggi. 

Potongan kain blacu bekas ternyata bisa berubah menjadi tas eco untuk belanja. Kamu bisa menggunakan tas ini selama berkali-kali untuk membawa bahan belanjaan di pasar. Bahkan, kamu juga bisa menjualnya untuk menambah jumlah pemasukan. 

Bukan cuma itu saja,kamu juga bisa memanfaatkan kain blacu bekas untuk pembungkus makanan. Jenis makanan yang bisa dibungkus dengan kain blacu adalah makanan kering atau bahan makanan mentah. Misalnya saja kacang-kacangan atau bawang-bawangan. 

Daur Ulang Sampah Botol Plastik

Contoh daur ulang sampah dari bahan bekas lainnya adalah botol plastik. Botol-botol plastik yang menumpuk di tempat sampah ternyata bisa kamu daur ulang menjadi vas bunga atau pot tanaman cantik. 

Alih-alih membuang botol plastik bekas, gunakan sampah botol tersebut untuk vas bunga. Supaya tampilannya cantik dan menarik, kamu bisa cat botol plastik tersebut agar lebih estetik. Kemudian, masukkan bunga ke dalam vas botol dan taruh vas tersebut di atas meja. 

Toples Kaca Bekas

Sampah toples kaca bekas parcel di acara hari raya ternyata bisa kamu pakai untuk tempat wadah kue-kue kering lho. Jadi, jangan buru-buru buang toples kaca belas tersebut di tong sampah! Manfaatkan toplesnya untuk hal yang lain. 

Selain bisa kamu alih fungsikan sebagai tempat menyimpan kue kering, toples-toples kaca tersebut juga bisa menjadi wadah penyimpanan barang. Mulai dari benang, jarum jahit, kancing baju, atau jarum pentul. 

Sebelum menggunakan toples bekas tersebut untuk penyimpanan kue atau barang, sebaiknya cuci dulu toplesnya sampai bersih. Setelah toplesnya bersih, baru setelah itu bisa kamu gunakan untuk wadah kue dan sebagainya. 

Daur Ulang Sampah Kardus Wadah Telur 

Jangan buang wadah kardus bekas telur yang ada di dapur kamu! Daripada kamu membuang atau membakar sampah kardus wadah telur, lebih baik kamu daur ulang sampah tersebut menjadi kerajinan tangan. 

Sampah wadah kardus semacam ini ternyata bisa kamu pakai sebagai bahan utama untuk membuat media tanam yang unik. Coba kamu manfaatkan sampah bekas kardus wadah telur ini sebagai media tanam microgreen. 

Kamu cukup menambahkan campuran tanah dan sekam di masing-masing wadahnya. Lalu, taburkan bibit benih microgreen ke dalam lubang telur tersebut. Setelah tanaman bertumbuh dan berhasil panen, maka kamu bisa menggunakan kotak yang sama untuk menanam kembali. 

3 Cara Mudah Bikin Prakarya dari Cangkang Telur

Kertas Koran Bekas

Punya kertas koran yang menumpuk di pojokan rumah? Daripada kamu membuangnya, lebih baik kamu jadikan saja sampah ini sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Lalu, kerajinan apa yang bisa kamu buat? 

Kertas koran yang sudah tidak terpakai ternyata bisa kamu pakai untuk membuat prakarya miniatur. Buatlah gulungan kertas koran bekas sebanyak-banyaknya, lalu susun satu per satu hingga membentuk sebuah miniatur bangunan. 

Exit mobile version