Rekomendasi Jenis Kertas Undangan Terbaik dan Berkualitas

Rekomendasi Jenis Kertas Undangan Terbaik dan Berkualitas

Gourmetamigurumi.comJenis kertas undangan menjadi salah satu hal yang penting sebelum kamu mempersiapkan sebuah acara. Kenapa ? Karena, pada dasarnya setiap kertas yang di pilih memiliki hasil akhir atas undangannya. Selain itu, bisa juga menjadi penentu atas kesan yang ingin di sampaikan ke pihak penerimanya. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum bisa melangsungkan sebuah acara. Kamu persiapkan terlebih dahulu jenis kertas yang sekiranya ingin di pergunakan.

Jenis Kertas Undangan yang Paling Banyak Digunakan 

Pentingnya melakukan pemilihan jenis kertas pada sebuah undangan, menjadi hal yang tak boleh kamu lewatkan. Terlebih lagi, jika ini menyangkut acara formal atau resmi seperti : pernikahan, sunatan, acara perusahaan, dan lain sebagainya. Adapun beberapa contoh yang bisa kamu ketahui terkait jenis-jenisnya, mulai dari : 

1. Art Paper

Ini menjadi salah satu jenis kertas undangan yang mana paling sering di gunakan. Itu semua di karenakan Art Paper, memiliki tampilan glossy mengkilap dengan teksturnya yang halus. Kertas tersebut sudah sering apabila di gunakan dalam UK Grematur 85gr sampai 150gr. Tapi, itu semua bisa kembali lagi pada keinginan atau selera kamu saja.

Kegunaannya bukan hanya untuk bagian isi atas undangan tersebut. Akan tetapi, Art Paper juga telah di manfaatkan untuk bagian pelapis luar / dalam undangan. Adapun yang menggunakannya untuk bagia hardcover dari undangan itu sendiri. Intinya, ciri khusus kertasnya ada pada tampilan elegan dengan laminasi glossy, doff maupun UV.

2. Jenis Art Carton

Selanjutnya adalah Art Carton, yang mana memiliki gramasi cukup tebal ketimbang dengan Art Paper. Karena ketebalan yang di milikinya ini, Art Carton pun telah jauh lebih banyak di pergunakan untuk hardcover. Di mana penggunaannya di gabung dengan kertas jenis lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk melakukan asah kreativitas. Caranya adalah dengan membuat undangannya bersama beberapa material kertas lainnya. Harganya tergolong murah, sehingga efisien jika kamu ingin menggunakan kertas tersebut.

3. Matte Paper Jenis Kertas Undangan

Tak hanya dua jenis di atas saja, tapi masih ada Matte Paper yang dapat kamu gunakan dalam pembuatan undangan. Jika di lihat-lihat, kertas ini memiliki kemiripan dengan Art Paper, tapi tak begitu persis. Hal ini terlihat pada letak yang tak begitu mengkilap atau glossy. Jadi, warna atas Matte Paper ini lebih condong ke doff atau sesuai dengan namanya. Kenapa begitu ? Karena, kehadiran jenis ini berguna bagi tipe-tipe yang memang ingin mengurangi adanya pantulan cahaya.

Walau begitu, kertas Matte Paper sendiri jauh lebih mudah dalam menyerap tinta & jauh lebih tebal ketimbang Art Paper. Kegunaannya sendiri fleksibel, jadi benar-benar bisa di pergunakan untuk banyak kebutuhan ( menyesuaikan). Warna dari kertasnya memang terlihat gelap, akan tetapi tak mengurangi detail atas elegannya.

4. Kertas Concorde

Untuk jenis yang satu ini, memiliki tekstur yang mana berupa serat-serat garis. Akan tetapi, serat yang di hasilkan jauh lebih cenderung tak beraturan dan menghasilkan kesan abstrak. Dari keunikan inilah, mampu membuat undangan yang kamu buat semakin jauh lebih berkesan.

Undangan yang kamu buat dengan memakai kertas Concorde, hanya dapat di cetak 1 warna saja. Ini semua bukan tanpa sebab, melainkan agar dapat menciptakan kesan elegan yang terasa maksimal. Di lain sisi, bahannya yang terbilang tebal juga akan membuat kertas yang di lipat masih terlihat bekasnya. So, saat kamu memilih kertas ini, ambillah tipe yang tak di tekuk dalam pembuatannya ya.

Sisanya, masih ada banyak jenis kertas undangan yang bisa kamu pilih. Seperti : 

  • Ivory
  • Akasia
  • Samson Kraft 
  • Linen
  • Aster
  • Maup