Site icon Creative Blog And Tips

Manfaat dan Kandungan Gizi pada Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Gourmetamigurumi.com – Manfaat jambu biji. Siapa sangka, jambu biji yang sering kamu lihat di pepohonan Indonesia nyatanya memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Di mana buah ini terbilang cukup banyak mengandung vitamin C dan berbagai jenis mineral yang memungkinkan kamu untuk terhindar dari penyakit degeneratif dan menjaga kebugaran tubuh.

Selain itu jambu biji sendiri awalnya berasal dari Amerika Tengah tepatnya Brasil hingga menyebar ke Thailand bahkan Indonesia. Sehingga untuk mencari buah yang satu ini tentunya kamu tidak akan mengalami kesulitan.

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai manfaat jambu biji untuk kesehatan agar kamu terus mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C ini.


Kandungan gizi pada Jambu Biji

Sebelum mengetahui manfaat jambu biji untuk kesehatan, sebaiknya pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan jambu biji yang bahkan vitaminnya setara 2 kalai li[at dari jeruk nipis dan 8 kali lipat dari jeruk lemon.

Jambu biji berfungsi sebagai antioksidan, mencegah anemia, sariawan, gusi bengkak, serta menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler. Berikut ini beberapa kandungan baik yang ada pada buah jambu biji dengan berat 100 gram :


Manfaat jambu Biji

1. Aman untuk penderita diabetes

Jika kamu penderita diabetes, buah ini terbilang aman untuk di konsumsi. Hal tersebut di karenakan kandungan fiber dan indeks glikemik dalam jambu biji memiliki nilai yang rendah. Sehingga hal ini bermanfaat untuk menghambat dan mengatur kadar gula dalam tubuh.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menjadi buah yang kaya akan vitamin C, tentunya jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi dan patogen secara umum. Dengan sifat antioksidannya, buah yang satu ini mampu melindungi tubuh dari reaksi kimia yang justru mungkin akan berakibat fatal terutama pada mata. Di mana sifat antioksidannya sendiri berfungsi sebagai penetral.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Mengkonsumsi jambu biji sesering mungkin tentunya sangat baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya itu saja, buah ini memiliki kandungan yang dapat membantu dalam mengambangkan keseimbangan sodium dan potasium dalam tubuh. Manfaat lainnya dalam buah jambu biji ini adalah mempu menurunkan kadar triglyceirdes dan kolesterol jahat yang berkontribusi dalam perkembangan penyakit jantung.

4. Mengurangi resiko kanker

Kandungan lain yang di miliki buah jambu biji bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh sehingga meminimalisir pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bahkan buah yang satu ini juga sudah terbukti secara luas dapat mengurangi resiko kanker prostat dan menghalangi pertumbuhan sel kanker payudara.

5. Baik untuk pencernaan

Manfaat lainnya yang ada dalam buah jambu biji untuk kamu ketahui adalah kandungan seratnya yang ada. Di mana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Bahkan buah ini melengkapi sekitar 12 persen dari rekomendasi kebutuhan serat harian sehingga sangat baik untuk pencernaan tubuh sekaligus menjadi obat alami uang membantu pembentukan usus sehat.

6. Meminimalisir masalah pengelihatan

Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah jambu biji juga terbilang kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi jambu biji nantinya bisa meminimalisir penurunan dan mengembangkan pengelihatan. Selain itu kandungan vitamin A yang ada dalam jambu biji terbilang mampu memperlambat munculnya katarak dan degenerasi makula pada mata.

7. Membantu program diet

Jambu biji memiliki manfaat yang baik untuk program diet yang ingin dilakukan. Bahkan tanpa mengurangi asupan protein, vitamin, dan serat, buai ini mammpu membantu menurunkan berat badan sekaligus mengatur metabolisme dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini sebagai camilan saat sedang menjalankan program diet yang sehat. Terlebih jambu biji juga memiliki kandungan gula yang cukup rendah.

Nah itulah beberapa kandungan baik dan manfaat yang ada dalam buah Jambu Biji. Sebaiknya untuk kamu sesering mungkin mengkonsumsi jambu biji agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik dan sempurna.***

Exit mobile version