Site icon Creative Blog And Tips

7 Makanan Khas Daerah Indonesia yang Populer dan Mendunia

Gourmetamigurumi.com – Makanan khas daerah Indonesia. Indonesia memiliki beragam daerah dengan budaya yang berbeda – beda. Tidak hanya terkenal dengan budaya dan tradisinya yang masih di jaga dengan baik, nyatanya Indonesia juga terbilang kaya akan sumber daya alam. Dengan keaneka ragaman tersebut tentunya berpengaruh juga pada kuliner khas yang memiliki cirinya masing masing. Terlebih Indonesia sendiri terkenal dengan kuliner khas yang rasanya cukup bisa di akui.

Bahkan tidak jarang makanan khas daerah di Indonesia di sajikan di berbagai festival besar dunia yang membuat makanan tersebut menjadi populer dan banyak di minati oleh semua kalangan. Pada artikel kali ini akan di berikan rekomendasi mengenai makanan khas daerah di Indonesia yang sukses mendunia.

1. Bakso

Makanan lezat yang satu ini memang pantas jika masuk sebagai makanan yang mendunia. Bakso terbuat dari bola daging yang di campur dengan kuah kaldu dengan isian mie. Selain itu bakso juga sangat populer di berbagai negara seperti Tiongkok, bahkan menjadi salah satu makanan favorit mantan presiden Amerika yakni Barack Obama.

2. Gado-gado

Merupakan makanan khas Jawa yang terdiri dari sayuran rebus, potongan telur, taburan bawang goreng dengan campuran bumbu kacang yang khas menjadikan Gado – gado sebagai salah satu makanan Indonesia yang mendunia.

Meskipun di sini manjadi makanan yang sederhana, namun gado-gado sendiri cukup di akui oleh dunia di mana pernah menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika di perlombaan masak Internasional pada tahun 2010. Tidak hanya itu saja, gado-gado juga terkenal dari sisi bahan yang di gunakan dan cita rasa yang cukup menggugah selera.

3. Gudeg

Terkenal sebagai salah satu makanan khas daerah di Yogyakarta. Gudeg cukup di akui dan populer hingga mendunia. Memiliki cita rasa yang manis, banyak negara yang mengimpor Gudeg dalam bentuk kalengan. Tidak hanya itu saja, bahkan hingga kini sudah banyak restoran di dunia yang menyajikan menu Gudeg seperti di Clayton Road, Melbourne, Australia.

Gudeg sendiri terbuat dari bahan utama yakni nangka muda dengan prosesnya yang di rebus dan di campur bahan dan rempah khas sehingga menghasilkan warna coklat kemerahan pada hidangannya.

4. Rendang

Menjadi makanan khas daerah Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Rendang menjadi salah satu makanan khas yang mendunia. Bahkan rendang juga berhasil masuk dalam posisi atas debagai makanan dunia terenak versi CNN Internasional pada tahun 2011.

Terbuat dari daging yang di masak dengan campuran rempah asli Indonesia, rendang di masak dengan proses yang terbilang cukup lama hingga beberapa jam. Tekstur daging yang di hasilkan oleh makanan satu ini juga sangat lembut dengan warna hitam pekat. Koki kenamaan dunia yakni Gordom Ramsay pun cukup mengakui kelezatan makanan yang satu ini.

5. Sate

Makanan khas daerah Indonesia lainnya yang mendunia adalah sate. Di mana sate sendiri terbuat dari bahan dasar daging yang di bakar dan di sajikan bersamaan dengan beragam jenis bumbu. Tidak salah-salah, bahkan di Amerika sendiri tersedia restoran Satay Junction yang cukup populer dan banyak peminat.

Khususnya di Indonesia, sate memiliki beraga jenis mulai dari sate Madura, sate padang, sate Maranggi, hingga sate lilit yang berasal dari Bali.

6. Soto

Makanan khas daerah di Indonesia lainnya yang berhasil mendunia adalah soto. Di mana makanan ini hampir di sukai oleh semua masyarakat Indonesia. Selain itu soto sendiri memiliki beragam aneka seperti soto Betawi, soto Makassar, soto ayam, soto sapi, bahkan hingga soto babat. Yang membuat makanan ini sangat lezat adalah rempah khas yang menjadi bahan utama dalam pembuatan kuahnya.

Salah satu festival makanan di Ibraki, Jepang mengenalkan soto sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki kelezatan rasa dan membuat siapapun menjadi ketagihan. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakt Jepang terutama Ibraki yang menyukai makanan ini.

7. Tempe

Siapa yang tidak mengenal tempe. Sebagai masyarakat Indonesia, tempe terbilang cukup populer dan menjadi salah satu makanan khas daerah Indonesia yang mendunia. Di mana tempe sendiri merupakan bahan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai dan sering kali di olah dengan berbagai variasi.

Tempe sendiri banyak mengandung protein nabati, serat, dan banyak prebiotik yang bagus untuk kesehatan.

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas daerah yang populer dan mendunia. Jika kamu berkunjung keluar negeri, bisa jadi kamu akan menemukan makanan yang telah disebutkan diatas.***

Exit mobile version